Wisata Pantai Ngulungwetan Trenggalek Jawa Timur

Trenggalek adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Trenggalek kota. Kabupaten ini menempati wilayah seluas 1.205,22 km² yang dihuni oleh ±700.000 jiwa. Letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo; Sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung; Sebelah selatan dengan pantai selatan; dan Sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan.

Trenggalek 2/3 dari luas daerahnya merupakan pegunungan, dan jangan salah kalau kita hendak menuju pantai di trenggalek maka kita akan melewati pegunungan dan jalan yang meliuk-liuk. dan jangan terkejut kalau banyak jalan di Trenggalek masih merupakan jalan makadam yang masih merupakan cor2an semen dibuat dua jalur.

Pantai Ngulungwetan


Secara Administrasi dan letak panatai Ngulungwetan ini berada di desa Ngulungwetan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. untuk saat ini (saat terakhir saya berkunjung) belum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke desa ini dan terutama ke pantai ini. karena apabila anda memang hendak merencanakan wisata ke tempat ini jalan yang anda tempuh akan terasa ringan sampai di Kecamatan Munjungan saja, dan sedangkan kalau anda hendak ke desa Ngulungwetan bersiap-siap saja menikmati jalanan yang berbatu dan berlubang dimana-mana. mungkin ini salah satu alasan banyak wisatawan tidak mau berkunjung ke daerah ini, karena selain jarak yang begitu jauh, medan yang dilalui begitu berat.


Kalau anda belum tahu dimana Desa Ngulungwetan desa ini berada di Arah selatan  66 km dari kota Trenggalek, 150 km dari Tulungagung, 250 km dari Surabaya. Luas obyek 9 ha dengan panjang pantai 800 meter.

Pantai Ngulungwetan masih merupakan pantai alami yang belum ada banyak aktivitas, sepanjang jalan pantai berupa tanaman kelapa dan hutan campuran, berpasir putih. Kegiatan wisata yang dilaksanakan adalah menikmati panorama laut bebas yang indah, bermain air, berenang, berjemur dan menyaksikan matahari tenggelam (sunset).


Akses Menuju Lokasi

Pantai Ngulungwetan bisa diakses melalui Munjungan lewat jalur jalan (Trenggalek – Kampak – Munjungan) dengan kondisi jalan pegunungan naik turun berkelok-kelok, banyak belokan tajam. Dari Munjungan menempuh jarak 28km kearah barat melalui jalur jalan Munjungan – Panggul dengan kondisi jalan makadam.

Dan Kalau anda dari Pantai Damas atau Pantai Prigi, Karanggongso lebih baik melalui kota Trenggalek saja. memang ada jalan pintas menuju Kecamatan Munjungan, tetapi jalan tersebut memiliki medan yang berat dan lebih layak untuk kendaraan roda dua dan pengendara roda dua harus memiliki jam terbang dan kemampuan yang lebih apabila hendak melaui jalan ini.

catatan

Pantai ini memang memiliki arus yang kecil tidak seperti beberapa pantai di daerah Pacitan maupun Gunungkidul yang terkenal dengan arus besarnya. justru disini para pengunjung di manjakan dengan arus yang kecil dan dari segi keamanan kita dapat berenang dengan nyaman dan apalagi disepanjang pantai ini ada ratusan pohon kelapa yang tumbuh layaknya di pesisir pantai Hawai. 
Kalau memang anda hendak melakukan wisata ke pantai ini, yakinkan diri anda bahwa anda bisa dan mampu mencapai pantai ini. siapkan diri anda karena untuk menuju tempat ini membutuhkan ekstra tenaga dan waktu.

Related Posts

Previous
Next Post »

Tambahkan kata untuk berbagi pengalaman pada semua ConversionConversion EmoticonEmoticon